-->

Advertisement

Pengertian komputer client dan server dengan perbedaan dan fungsi


Pengertian client dan server

komputer client server sudahlah tidak asing lagi bagi kita , seiring berkembangnya waktu sekarang  komputer client dan server sudah tidak bisa lagi untuk di pisahkan dari kehidupan kita ini.karena jaringan client dan server saling berkaitan "contoh" saja adalah router dan komputer , keduanya tidak bisa dipisah. Router yang digunakan untuk mengirimkan suatu paket data yang nantinya akan digunakan oleh komputer untuk mengakses jaringan data,misalnya untuk akses internet seperti browsing dll.

Disini saya akan menyuguhkan untuk kalian semua apa yang di maksud client & server (pengertian) , kemudian fungsinya buat apa? Dan perbedaan client server.
Biar tidak bingung mari kita mulai dari yang pertama, yaitu komputer client dan seever? 

Apa itu komputer Client dan komputer server

Komputer Client yaitu digunakan untuk meminta ( memesan) atau merequest ke jaringan server entah itu berupa paket data , file , source , aplikasi , dll.

Komputer server merupakan komputer yang menyediakan sebuah layanan untuk komputer client berupa paket data, memori dll.

Setelah mengenal kedua hal di atas maka kiranya kalian sudah ada gambaran apa itu client server.jika kalian tetap dab belum mengerti silahkan kalian bisa baca di bagian ke dua ini pengertian client server.
Back to Content ↑

Pengertian client server

Client Server merupakan bentuk interaksi atau arsitektur dari jaringan komputer yang mana didalamnya terdapat Server dan Client.

Client memulai interaksi dengan server dengan meminta layanan, setelah diterima oleh Server maka Client akan menerima layanan dari Server sehingga dapat menjalankan aplikasi atau proses tertentu. Contoh implementasi Client dalam bentuk browser yang menerima layanan dalam bentuk halaman Web, Email dll.

Server menerima permintaan layanan kemudian menyediakan berbagai macam layanan kepada komputer Client, Contohnya mengirimkan sebuah halaman Web, mengirim atau meneruskan e-mail.

Back to Content ↑
Saya harapkan kalian sudah mengerti dengan jelas hal di atas tsb.untuk melanjutkan bagian ke tiga yaitu tentang perbedaan client dan server.silahkan baca bagian bawah ini agar mengerti apa saja perbedaan dari keduanya.

Perbedaan client dan server

Komputer Cliet Komputer Server
meminta sebuah layanan kepada server memebrikan sebuah layanan kepada client
spesifikasi komputer client hanyalah biasa ,sama pada umumnya. spesifikasi komputer server lebih tinggi dan kompleks
tidak memiliki ruang kusus untuk hardware akan tetapi komputer client sama pada umumnya di letakan pada ruangan yang yang cukup.dan bersuhu dingin untuk meringankan CPU. memiliki ruang khusus yang memuat semua hardware.
tidak menyediakan layanan untuk akses internet ,komputer client hanya menggunakan akses tersebut dari server. menyediakan layanan untuk akses internet.

Back to Content ↑
Yang paling terakhir adalah fungsi dari client dan server.mungkin kalian sudah ada sedikit gambaran tentang ini.apa saja fungsi client dan server, silahkan ke bagian bawah ini.

Fungsi Komputer Clien dan Komputer server

Komputer Client Komputer Server
Mengatur user interface Menerima dan memproses basis data yang diminta dari client
Menerima dan memeriksa sintaks input dari pemakai Memeriksa autorisasi
Memproses aplikasi Menjamin tidak terjadi pelanggaran terhadap integrity constraint
Generate permintaan basis data dan memindahkannya ke server Melakukan query/pemrosesan update dan memindahkan response ke client
Memberikan response balik kepada pemakai Memelihara data dictionary
Menyediakan akses basis data secara bersamaan
Menyediakan kontrol recovery

Back to Content ↑


Add Your Comments

Disqus Comments